Monday, 4 September 2017

6 Fakta terowongan kereta terpanjang di Swiss ini menarik banget

6 Fakta terowongan kereta terpanjang di Swiss ini menarik banget - Saat ini memeang sudah banyak sekali di bangun dan di kembangkan kereta bawah tanah untuk membantu orang-orang pergi ke tempat yang jauh, terlebih lagi pada saat hari raya ketika orang-orang ingin mudik kembali ke kampung halaman. Kereta ini juga di buat untuk alasan agar menghidari kemacetan di jalan karena kendaraan pribadi seperti montor dan mobil. Namun tahukah sobat trowongan kreta terpanjang?, ya trowongan kereta terpanjang saat ini ada di Swiss. 

Trowongan ini di sinyalir adalah trowongan untuk jalur kreta terpanjang, maka dari itu kali ini saya akan membahas mengenai trowongan terpanjang di swiss tersebut. Kali ini juga soabt dapat mengetahu fakta-fakta yang ada ketika pembuatan trowongan tersebut dan juga menegtahu seperti apa pembuatan trowongan tersebut. Bagi sobat ayng tertarik untuk mencari tahu, silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.


Pada 1 Juni 2016 kemarin terowongan yang disebut Switzerland’s Gotthard di Swiss resmi dibuka. Terowongan kereta yang disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang dan terdalam di dunia ini membutuhkan waktu selama 17 tahun untuk membangunnya. Penasaran fakta-fakta lainnya tentang terowongan baru ini ?.

1. Proses penggalian yang tidak mudah.




Terowongan tersebut dibangun sedalam 2,3 kilometer di bawah permukaan gunung, melalui bebatuan dan mencapai suhu 46 C. Para insinyur harus menggali dan meledakkan 73 jenis batu yang berbeda, beberapa sangat keras seperti granit dan ada juga yang gampang dihancurkan.

2. Dibangun dengan biaya Rp 164 triliun.




Proyek pembangunan terowongan tersebut memakan biaya lebih dari USD 12 juta atau setara dengan Rp 164 triliun.

3. Pemegang rekor baru.




Terowongan dengan panjang 57 kilometer ini akan mengalahkan rekor terowongan terpanjang di dunia sebelumnya, yakni terowongan rel Seikan. Sementara itu, Channel Tunel yang menghubungkan Paris dan Inggris akan tergeser ke posisi ke tiga.

4. Memangkas waktu perjalanan hingga satu jam.




Terowongan terpanjang tersebut ditaksir dapat mengurangi waktu perjalanan dari Zurich ke Milan menjadi satu jam. Lintasan relnya akan lurus dan datar, bukannya berliku melewati Pegunungan Alpen. Sekitar 260 kereta api barang dan 65 kereta penumpang akan melewati terowongan tersebut dalam waktu lebih kurang 17 menit dengan kecepatan 155 km per jam.

5. Memakan korban jiwa.




Setidaknya, sembilan pekerja dilaporkan tewas dalam proses pembangunan terowongan terpanjang di dunia tersebut.

6. Sudah direncanakan sejak tahun 1947.





Proyek pembangunan terowongan ini disetujui melalui sebuah pengambilan suara rakyat Swiss pada tahun 1992. Sedangkan sketsa rencana pembangunannya sudah dibuat sejak tahun 1947.


EmoticonEmoticon